Lima Mitos Penghematan Energi di PC

Mematikan PC saat tidak digunakan dapat menghemat biaya energi yang dikeluarkan perusahaan sekaligus lebih ramah lingkungan. Faktanya, Star memperkirakan organisasi dapat menghemat $25 sampai $75 per PC per tahun melalui manajemen daya PC atau bahkan lebih. Menurut laporan terkini dari Forrester yang berjudul “How Much Money Are Your Idle PCs Wasting?” manajemen daya PC membantu General Electric dan Dell menghemat $2,5 juta dan $1,8 juta per tahun. Hal tersebut juga menghasilkan penurunan emisi CO2.

Jadi mengapa ada banyak perusahaan yang ragu-ragu dalam mengimplementasikan manajemen daya PC? Mungkin beberapa perusahaan terpengaruh oleh mitos manajemen daya PC. Forrester menyebutkan lima mitos tersebut dalam laporannya.

Mitos No.1: daya yang digunakan saat PC pertama kali dinyalakan sangat besar dan menetralisir penghematan energi yang didapat dari mematikan PC. Forrester menjelaskannya sebagai berikut: rata-rata desktop menggunakan daya sebesar 89 watt per jam. Jika dibiarkan menyala semalaman, maka PC tersebut mengkonsumsi 1.42 kW. Tidak mungkin PC saat pertama kali dinyalakan menggunakan daya sebesar itu.

Untuk menyamai daya yang dihemat PC Anda harus menggunakan daya sebesar 17 kWh atau sama dengan 44 server HP DL580 pada utilisasi 100 persen.

Mitos No.2: screen saver menghemat energi. Walaupun terkadang cukup menghibur, screen saver sebenarnya tidak menghemat energi. Sebagaimana dicatat dalam laporan, “beberapa screen saver bergambar mengkonsumsi daya seperti layaknya sebuah PC yang aktif.

Screen saver kosong sedikit lebih baik, namun sebagian besar screen saver tidak menghemat konsumsi daya kecuali apabila layar benar-benar dimatikan dan pada laptop, matikan backlight. Pendek kata, lebih baik membiarkan PC berada pada low power state daripada menjalankannya dengan screen saver.

Mitos No.3: Menyalakan dan mematikan PC akan mengurangi kinerja dan masa hidupnya. Dahulu kala, mungkin kalimat tersebut ada benarnya, namun hari ini perangkat keras modern sudah tidak terpengaruh. Laporan Forrester menyebutkan penemuan dari the Rocky Mountain Institute: “Komputer modern didesain untuk mengatasi 40.000 siklus on/off sebelum akhirnya rusak, dan Anda tidak akan mencapai angka tersebut mengingat masa penggunaan komputer hanya berkisar antara 5 sampai 6 tahun saja. Malahan, IBM dan Hewlett Packard mendorong karyawan mereka untuk mematikan komputer yang tidak dalam keadaan terpakai dan sebuah studi mengatakan bahwa dibutuhkan siklus on/off setiap 5 menit untuk merusak hard drive.

Laporan tersebut juga mengatakan “mamatikan komputer Anda justru memperpanjang umur komputer karena mengurangi debu yang tersedot ke dalam yang biasanya menyebabkan panas yang berlebih pada sebagian besar sirkuit motherboard.”

Mitos No.4: Saya tidak dapat mengaplikasikan update PC yang sedang berada dalam kondisi low-power. Tidak sulit membangunkan PC untuk keperluan update dan backup.

“Hal ini sering dilakukan melalui teknologi WOL (Wake on LAN) — sebuah standar Ethernet yang memungkinkan PC dibangunkan dari kondisi bertenaga rendah setelah menerima sebuah paket tertentu dari jaringan. Sebagai alternatif, fitur hardware tertentu seperti Intel vPro juga menawarkan fungsi sejenis tanpa menggunakan standar WOL,” menurut laporan tersebut.

Mitos No.5: Pengguna PC tidak suka menunggu waktu yang hilang saat PC dikonfigurasi. The Forrester mengakui bahwa pengguna biasanya memiliki kesabaran terbatas, namun, mereka menyarankan bahwa “komplain dari pengguna dapat diminimalisir dengan mengkomunikasikan keuntungan finansial dan lingkungan dari manajemen daya PC.”

4 Komentar

  1. Bener kang,..benerrr….~~~

  2. waaah brooo,…. maneeeb…~!!

  3. Memang screen saver tidak hemat energi jadinya, tapi enak dilihat. Apalagi kalau screen savernya aquarium😛

  4. nice post… have a nice day


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s